Melawan Komunisme

 _*Seri Komunis 01_*


*MELAWAN KOMUNISME*


Oleh : *Dr. Masri Sitanggang*


Komunisme itu paham, bukan organisasi dan bukan pula nasab. Orang bisa saja menjadi komunis tanpa harus terdaftar sebagai  anggota organisasi komunis seperti PKI, misalnya;  atau bukan pula dari keturunan anak  komunis. Jadi, jangan salah sangka. Orang berfaham (lebih tepat lagi ideologi) komunis bisa berada di organisasi apa saja;  mulai dari organisasi sosial kemasyarakatan, propesi , keagamaan sampai organisasi partai politik. Begitu juga soal nasab, anak yang lahir dari seorang alim pun  bisa jadi terjangkit faham komunis dan sebaliknya anak seorang komunis belum tentu juga sepaham dengan komunis. 


_“Dik Gaffar, kamu ajari saya agama, nanti kamu saya ajari Marxisme,”_ kata Sukarno satu ketika. Yang dipanggilnya “dik Gaffar” adalah A. Gaffar Ismail, ayah dari Taufiq Ismail, dokter hewan yang lebih dikenal sebagai penyair itu.  Taufiq Ismail menceritakan kisah persahabatan Sokarno dengan ayahnya itu dalam  KATASTROFI MENDUNIA (2004). 

  

Sukarno –yang begitu menghargai ilmu, lebih dahulu dipenuhi oleh ajaran Karl Marx, “nabi” -nya orang-orang Sosialis-komunis. Dia bangga menguasai Marxisme sehingga berani menawarkan barter dengan pengajaran”ilmu-ilmu” Islam. Boleh jadi, sebagai muslim  yang belum “terisi” dengan hakikat islam, Soekarno memandang Islam sebagai sebuah cabang Ilmu yang setara degan Marxisme.  Ya, hanya sebuah ilmu dalam tumpukan ilmu-ilmu sosial dan budaya. 


Maka, Soekarno  --yang  rajin bertanya soal-soal Islam kepada Gaffar dan Hasan Bandung, pun tetap sebagai seorang nasionalis sekuler, memimpin  Partai Nasionalis Indonesia (PNI).  Pemikirannya tentang keislaman dan sosial kemasyarakatan   tidak lepas dalam perspektif (ilmu-ilmu) sekuler itu, sehingga tulisan-tulisannya sering mengundang tanggapan kritis dari Mohammad Natsir  --tokoh Partai Islam Masyumi.  Begitu pun dalam langkah selanjutnya,  ketika menjadi Presiden RI, Soekarno  menggabungkan ideologi nasionalisme, agama dan komunisme yang dikenal dengan Nasakom. Masyumi menolak ideologi gabungan itu sehingga Masyumi diultimatum untuk dibubarkan oleh Presiden Soekarno atas desakan PKI.  Itulah Soekarno, lebih dekat ke komunis. 


Bagaimana dengan ayah sang Penyair Taufiq Ismail ? Meski pun di _-coach_ langsung oleh mentor besar Marxisme, Soekarno,  tetapi Gaffar tidak lantas jadi Komunis. Ikut Soekarno di Partai Nasionalis Indonesia (PNI) pun tidak. Ia justeru aktif di   Partai Islam Masyumi yang anti Komunis. Itu karena sikap dan pandangan hidupnya telah dibentuk oleh Islam terlebih dahulu. Putra Minang  ini tamatan Sumatera Thawalib Parabek dan pernah _nyantri_ di Padang Panjang.


Dus, sikap dan pandangan hidup seseorang itu sangat ditentukan oleh pengajaran. Ajaran apa yang lebih awal atau lebih intens diterima, lebih kuat mempengaruhi dan memenuhi pikirannya. Jadi, jangan main-main dengan pangajaran. Ia adalah mesin cetak keperibadian dan pandangan hidup seseorang. 


Semaoen, Darsono, Tan Malaka  dan Alimin Prawirodirdjo (orang-orang Indonesia pertama yang jadi komunis)  awalnya adalah pengikut H.O.S Tjokroaminoto, sebagai anggota Sarekat Islam (SI). Bahkan pernah menduduki jabatan penting  di SI.  Semaoen, misalnya,  menjadi Ketua SI Semarang. Tetapi mereka kemudian menjadi tokoh penting pula di Partai Komunis Indonesia (PKI) –partai yang pernah beberapa kali menorehkan sejarah kelam bangsa ini, dan di pecat dari SI. 


Semaoen menjadi anggota SI pada 1914 di _afdeeling_ Surabaya. Usianya terbilang masih terlalu muda, 14 tahun. Setahun kemudian, 1915, Ia berkenalan dan akrab dengan seorang sosialis Belanda, Sneevliet, ketua ISDV ( _Indische Sosial Democratische Vereniging_ ) dan Persatuan Buruh Kereta api dan Trem VSTP ( _Vereniging van Spoor en Tramweg Personcel_ )  di Semarang. 


Semaoen bersimpati berat kepada Sneevliet dan menyapa orang Belanda itu sebagai “guru”. Tidak salah, karena di tengah orang-orang Belanda bermental kolonial dan merasa superior, Sneevliet justeru menawarkan persamaan dan semangat revolusiner. Maka,  Semaoen pun  ikut aktif di dua organisasi beraliran komunisi itu. Alimin dan Darsono ikut pula di ISDV. 


Penguasaan bahasa Belanda yang baik,  minat belajar yang sangat kuat  dan hubungan dekatnya dengan Sneevliet  membuat  Semaoen dipercaya sebagai ketua propagandis VSTP dan mendapat gaji. Jabatan ini membuat Semaoen harus intens mempelajari ideologi Marxis dan harus pindah pula ke Semarang, tempat kedudukan Pengurus besar VSTP,  Juli 1916.  Setahun kemudian, tepatnya 6 Mei 1917, dia terpilih pula menjadi ketua SI Semarang. 


Semaoen mengganti ISDV menjadi Partai Komunis Hindia, 23 Mei 1920.  Ia menduduki posisi ketua dan Darsono sebagai Wakil Ketua.  Belakangan organisasi ini menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Semaoen adalah ketua pertama, sementara Alimin mempin Wilayah Jakarta sejak 1918.


Pada akhir tahun 1921 Semaoen  meninggalkan Indonesia untuk pergi ke Moskow. Kedudukannya di PKI digantikan olehTan Malaka. Setelah kembali ke Indonesia pada bulan Mei 1922, dia mendapatkan kembali posisi Ketua Umum PKI dan mengganti nama SI  yang dipimpinnya menjadi Sarekat Rakyat, bagian dari PKI,  di tahun 1924. 


Dari sekilas perjalanan Semaoen dan kawan-kawannya terbuktilah bahwa meski pun mereka aktivis SI, tetapi lebih intens mendapat asupan dan bergulat dengan pemikikiran Sosialisme-komunisme  Marxis dari pada Islam.  Namun begitu, pada saat itu, Semaoen dan juga orang-orang SI lainnya yang kemudian menjadi PKI tidak mengetahui bahwa di dalam ajaran sosialisme Marxisme  itu terkandung prinsip-prinsip ateisme yang bertentangan dengan ajaran Islam. Sukendar, Ketua Perwakilan PKI dalam Kongres SI tahun 1922, misalnya, ketika diminta tanggapannya terkait SI yang akan menjadi Partai Sarekat Islam, menyatakan bahwa menjadi komunis bukan berarti tidak percaya adanya Tuhan. Tetapi ia mengakui gerakan mereka netral dalam urusan agama. Orang-orang PKI tak ingin Islam di bawa-bawa ke ranah politik. Hal ini mengagetkan para peserta kongres. Betapa tidak, ada orang yang percaya kepada Allah tetapi netral agama !



Jadi, ada yang tidak beres pada diri Semaoen dan kawan-kawannya. Kata Mohammad Hatta, “Kalau ada orang komunis yang mengatakan ia percaya pada Tuhan, atau seorang muslim mengaku dirinya Marxis, maka ada yang tidak beres padanya.” 


Maka, “Tidak sedikit orang yang tersinggung karena merasa banyak yang tak beres pada dirinya, tapi yang tak tersinggung karena tak tahu, lebih banyak lagi .”, kata Tufiq Ismail. 

Kalimat terakhir Taufiq Ismail itu justeru menjadi kekhawatIran terbesar kita sekarang ini : lebih banyak yang tidak tersinggung karena tidak tahu. Betapa banyak orang  tidak tahu kalau “netral dalam urusan agama”  atau “mengharamkan agama dibawa ke ranah politik”  berarti sudah kerasukan bibit faham komunis. Malah, mereka yang tidak tahu itu  justeru banyak pula aktivis  oraganisasi Islam.


Banyak juga yang tidak tahu kemudian terhasut. Misalnya, seperti pemberontakan PKI tahun 1927 di Sumatera Barat. Taufiq Ismail mengutip Brackman menggambarkan pemberontakan itu sebagai : _“more in the nature of a ‘holy war’ by Islamic zealots than Communist rebellion”,_  pemberontakannya malah berciri Islami ketimbang komunis.


Karena komunis adalah faham yang berasal dari pengajaran, maka ajaran yang berbau komunis dalam segala bentuknya memang wajib diharamkan. Yang paling dasar, misalnya adalah ajaran yang merendahkan nilai agama atau ketuhanan, memisahkan agama dari kehidupan bermasyarakat dan bernegara, atau ajaran netral agama. Sebab, ajaran ini adalah bagian dari ajaran komunis untuk tumbuh berkembangnya komunis lebih lanjut. 


Adalah tugas dan kewajiban negara mencerdaskan bangsa, bukan kewajiban individu dan keluarga.  Melalui pendidikan, baik formal mau pun non formal, pemerintah berkewajiban membangun anak bangsa menjadi insan cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah cerdas  berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa sesuai cita-cita pendirian negara ini. Oleh karena itu, semua materi ajar dan metode yang digunakan harus mampu mengarahkan anak didik pada pembentukan insan yang cerdas ber-Ketuhahan Yang Maha Esa; dan secara khusus, mata ajar agama harus mendapat perhatian utama untuk senantiasa ditingkatkan kulitasnya. 


Mengurangi –atau  bahkan menghilangkan, mata ajar agama di sekolah serta menyerahkan pendidikan agama kepada keluarga adalah ide yang sangat keliru. Ini dapat dilihat sebagai langkah melepaskan tanggungjawab negara/pemerintah terhadap pembangunan manusia Indonesia yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, manusia bertaqwa. Melepaskan tanggungjawab negara/pemerintah dalam mencerdaskan bangsa berdasarkan Pancasila. Ide buruk mengingkari Pembukaan UUD 1945. Ide menumbuhkan generasi sekuler, gerasi yang menjadi lahan  subur tumbuh berkembangnya komunisme. 


Selanjutnya,  paham komunis harus dilawan. Secara khusus,  pendidikan Islam (Dakwah Islamiyah) harus membekali jemaah untuk mampu mematahkan argumentasi kaum komunis.  Konstruksi berpikir Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah nabi yang demikian kuat harus dimiliki jemaah sehingga mampu dengan mudah mematahkan dan membongkar habis pemikiran komunis yang dibangun berdasarkan “Madilog” (material-dialektika- logika). Demikian juga karakter pribadi jemaah harus sampai pada _“Inna shalati wanusuki wa mahyaya wa mamati lillah Rabbil ‘alamin”,_  sehingga tak adalagi jemaah yang berpikir-laku sukuler dan netral agama.


Dakwah Islamiyah harus segera keluar dari lingkup kamar mandi (bersuci) dan menakar pahala dan dosa. Dakwah Islamiyah harus segera memenuhi fungsinya memuaskan intelektualitas dan rohani manusia sekaligus. Jangan biarkan ada ruang kosong dalam kehidupan manusia ini, tanpa terisi oleh Islam, sehingga faham apa pun tidak akan bisa masuk lagi.  

_Wallah a’lam bisshawab._

Komentar